WA CS 1 BKPLUS 082285697906, CS 2 BKPLUS 083801624706   |   " Selamat Datang Di Aplikasi Bursa Kerja Plus "  |  Dinas Tenaga Kerja Kab. Pasaman Barat  |  


Latar Belakang Lahirnya Aplikasi Bursa Kerja Plus

Kabupaten Pasaman Barat sebagai Kabupaten yang sedang berkembang masih menghadapi masalah jumlah penduduk yang besar dengan tingkat pertumbuhan yang tinggi. Pertambahan jumlah penduduk tersebut tidak seimbang dengan pertumbuhan kesempatan kerja, sehingga jumlah penganggur terus bertambah. Menurut data BPS Kabupaten Pasaman Barat Dalam Angka Tahun 2018 Penduduk Kabupaten Pasaman Barat menurut hasil Proyeksi Penduduk Tahun 2017 berjumlah sebanyak 427.295 jiwa dengan komposisi 216.093 jiwa laki - laki dan 211.202 jiwa perempuan. Dengan rasio jenis kelamin 102 jiwa laki -laki setiap 100 jiwa perempuan. Penduduk tersebut tersebar pada 11 (sebelas ) kecamatan di Kabupaten Pasaman Barat.

Jika kita melihat distribusi penduduk per kecamatan, jumlah penduduk terbesar berdomisili di Kecamatan Pasaman yakni 77.167 jiwa. Diikuti oleh Kecamatan Kinali dengan jumlah penduduk 74.137 jiwa dan Kecamatan Lembah Melintang 48.824 jiwa. Sedangkan kecamatan Sasak Ranah Pasisie dengan jumlah penduduk 14.900 jiwa merupakan kecamatan terkecil jumlah penduduknya di Kabupaten Pasaman Barat. Namun jika dibandingkan dengan luas wilayah, penduduk terpadat berada di Kecamatan Luhak Nan Duo dengan kepadatan penduduk 249 jiwa/Km2 . Diikuti oleh Kecamatan Lembah Melintang dengan 185 jiwa/Km.Dari 283.713 jiwa penduduk beru-mur 15 tahun ke atas, tercatat sebanyak 194.982 jiwa sebagai Angkatan Kerja di Kabupaten Pasaman Barat. Terdiri dari bekerja sebanyak 187.199 jiwa dan mencari pekerjaan sebanyak 7.783 jiwa. Penduduk yang bukan angkatan kerja berjumlah 89.123 jiwa, terdiri dari yang bersekolah 25.343 jiwa, mengurus rumah tangga 53.203 jiwa dan lainnya sebanyak 10.577 jiwa.

Dari data diatas terlihat jumlah penduduk belum seimbang dengan pertumbuhan kesempatan kerja, sehingga jumlah penganggur terus bertambah disisi lain terlihat beberapa kesempatan kerja tidak dapat terisi oleh pencari kerja karena kurangnya keterampilan, keahlian dan pengalaman serta keterbatasan media informasi mengenai lowongan kerja bagi pencari kerja serta kurangnya media informasi kepada masyarakat/pencari kerja, terutama bagi pencari kerja yang berada dipelosok daerah yang kurang terjangkau oleh fasilitas informal seperti media cetak,elektronik dan internet. Selain itu,kadang informasi yang ada kurang up to date, sehingga informasi yang ada menjadi tidak bermanfaat bagi pencari kerja.

Dalam mencari informasi lowongan kerja, biasanya pelamar masih menggunakan cara-cara manual, dengan mendatangi perusahaan perusahaan untuk melihat papan pengumuman lowongan kerja, melakukan pencarian di media cetak seperti koran, majalah, brosur atau informasi dari mulut ke mulut. Proses tersebut memiliki kekurangan karena pelamar harus mendatangi perusahaan perusahaan tersebut dengan membawa surat lamaran dan persyaratan lainnya, proses tersebut tidak efisien sebab memerlukan waktu dan biaya yang cukup banyak, dari sisi perusahaan atau pengguna tenaga kerja mereka tidak mendapatkan sumber daya manusia dengan kualifikasi yang sesuai dengan kebutuhan. Dengan kata lain baik pencari kerja maupun pengguna tenaga kerja tidak mendapatkan informasi pasar kerja secara up to date, yaitu pencari kerja tidak mengetahui adanya lowongan pekerjaan dan pengguna tenaga kerja tidak mengetahui adanya pencari kerja yang sesuai dengan kebutuhannya.

Perkembangan internet pada era ini mengalami kemajuan yang cukup pesat, dan menjadi berguna dan penting bagi masyarakat di seluru dunia, hal ini di karenakan internet dapat memberikan informasi dengan cepat ,tepat dan tidak terbatas oleh ruang dan waktu dalam memberikan informasi. Seiring meningkatnya sumber daya manusia perlu untuk menambahkan informasi informasi di bidang apapun, internet sebagai sumber informasi, Perancangan sistem informasi lowongan pekerjaan berbasis web dan androoit yang berisi berbagai informasi lowongan pekerjaan khususnya, salah satu alternative untuk menyediadan sytem informasi lowongan pekerjaan berbasis web, dibutuhkan partisipasi untuk memberikan informasi yang di butuhkan, sehingga dapat menjadi tempat pertemuan anatara media penyedia kerja dan pencari kerja Fungsi sistem ini adalah untuk mempermudah pencari kerja dan penyedia pekerja dalam menyediakan informasi secara detail yang dapat di akses oleh pencari kerja dalam mendapatkan informasi, penyedia kerja tidak perlu mengeluarkan biaya dalam pemasangan iklan atau memberikan informasi, karena uuntuk pemasangan iklan melalui internet tidak di pungut biaya atau gratis, jadi penyedia dapat memberikan kondisi informasi sedetail mungkin dalam jangka panjang, tergantung dan batas waktu yang sudah ditentukan. Masalah tersebut dapat diatasi jika informasi yang lengkap dan tepat mengenai pasar kerja tersedia dengan baik. Hal ini menunjukkan bahwa peranan informasi pasar kerja sangat penting dalam mempertemukan pencari kerja dengan pengguna tenaga kerja.

Melalui apikasi ini diharapkan dapat mempercepat penyampaian informasi kepada penari kerrja dan pengguna tenaga kerja/perusahaan dimana keduabelah pihak dapat bertemu secara langsung melalui aplkasi dengan kata lain pegguna tenaga kerja dapat langsung melhat profil si pencari kerja dan pencari kerja dapat langsung melihat adanya info lowongan pekerjaan, sehingga mempercepat proses penempatan. Dengan demikian, informasi pasar kerja harus mampu menyediakan informasi atau data yang berkaitan dengan pencari kerja lengkap dengan kualifikasinya dan lowongan kerja lengkap dengan kondisi dan syarat jabatannya, pencari kerja yang tepat akan ditempatkan pada pekerjaan yang sehingga kontribusinya dan produktivitasnya pada perusahaan menjadi optimal. Walaupun masih ada hambatan dan permasalahan yang dihadapi,semoga pada masa yang akan datang aplikasi ini dapat berjalan dengan lebih baik sesuai tujuan dan sasaran yang ingin dicapai serta diharapkan menjadi salah satu cara guna mengatasi pengangguran.